Tips Pemilihan Material Konstruksi Rumah Anda

 rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah

Tips Pemilihan Material Rumah

Bagi anda yang memilih membeli rumah yang sudah siap huni beserta tanahnya, anda cukup menyediakan dana yang sesuai dengan penawaran. Tapi bagi anda yang ingin membangunnya dari awal, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan tahapan-tahapannya.

Sebelum anda hendak membangun sebuah rumah, tentu terlebih dahulu anda akan melakukan berbagai perencanaan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan bahan material bangunan yang hendak digunakan sebagai bahan dasar bangun rumah. Setiap orang termasuk anda tentu menginginkan bahan bangunan dengan kualitas tinggi. Agar bangunan yang nantinya didirikan akan memiliki kekuatan yang baik dan tahan lama. Syarat yang harus dipenuhi agar bangunan kuat dan tahan lama, menggunakan bahan material dasar berkualitas dan jaminan mutu yang baik.

Dalam memilih bahan bangunan tentu terdapat trik khusus dan teknik tersendiri dalam melakukan hal tersebut. Terutama bagi orang-orang yang tak memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal bangun rumahrenovasi rumah, dan memahami kualitas material bangunan. Point-point berikut akan membahas seputar tips / trik / cara mudah dalam menentukan bahan material bangunan yang terbaik :

  1. Biaya

Salah satu pertimbangan penting ketika memilih bahan bangunan adalah biaya. Ketika melihat bahan bangunan, anda akan menyadari bahwa harga akan berbeda. Sebagai aturan praktis, anda tidak selalu harus mencari produk yang termurah. Anda perlu mempertimbangkan keawetan atau manfaat dari produk yang anda dapatkan. Ketika anda membeli bahan bangumam murah, anda mungkin akhirnya harus mengeluarkan biaya tambahan dan ini akhirnya akan menjadi mahal. Pilihlah bahan bangunan yang akan berkualitas dan bekerja dengan baik untuk waktu yang lama dan ini akan menjadi penghematan biaya.

  1. Estetika

Ketika memilih bahan, anda perlu mempertimbangkan tampilan yang anda inginkan. Orang-orang memiliki selera yang berbeda dan persyaratan tertentu yang mereka anggap menarik, mungkin belum tentu menarik bagi orang lainnya. Hanya anda yang tahu apa tipe rumah tinggal anda. Jenis atap yang anda pilih dapat mengubah tampilan rumah. Pilihan yang anda buat serta anggaran anda, akan menentukan ahan material bangunan yang anda pilih.

  1. Tempat

Anda akan perlu mempertimbangkan lokasi rumah anda saat memilih bahan bangunan. Cuaca atau iklim di daerah anda akan menentukan bahan yang paling tepat untuk digunakan. Bahan yang digunakan unntuk membangun rumah di daerah pegunungan yang dingin. Sebagian besar tempat memiliki aturan yang harus anda ikuti ketika membangun rumah anda. Anda perlu mencari tahu persyaratan sebelum anda mulai berbelanja bahan material. Beberapa daerah akan memiliki spesifikasi tentang bahan atap yang anda dapat gunakan, serta peraturan lainnya.

  1. Daya tahan

Beberapa bahan bangunan dapat bertahan lebih lama dari yang lain dan lebih tahan terhadap kerusakan, kelembaban dan bahaya lingkungan lainnya. Pilihlah bahan yang paling tepat untuk kondisi cuaca dan pastikan bahwa mereka tahan lama. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahlinya ketika memilih bahan bangunan. Mereka akan mambantu anda untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk kebutuhan anda.

  1. Pemasok

Memilih supplier yang tepat akan sangat penting, contoh ketika anda ingin mengecor atap rumah dengan beton readymix, selain memilih harga termurah, perhatikan juga supliernya, apakah bisa dipertanggungjawabkan atau tidak, caranya dengan menghubungi nomer kontak supplier tersebut, karena hal tersebut akan menentukan kualitas bahan yang anda dapatkan. Pastikan bahwa anda membeli bahan berkualitas baik yang akan meningkatkan penampilan rumah dan juga menjadi tahan lama. Supplier juga harus dapat menawarkan layanan lengkap yang mencakup mengangkut bahan ke lokasi proyek konstruksi anda.

  1. Ketersediaan

Ini juga sangat penting ketika membeli bahan material. Hal ini akan membantu untuk memastikan bahwa anda tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan bahan-bahan bangunan yang anda butuhkan. Membeli dari toko bangunan local akan membantu anda untuk menghemat biaya pengiriman serta menghindari keterlambatan proses pembangunan proyek. Kemudahan dalam mendapatkan bahan bangunan dan juga harga yang lebih terjangkau akan membantu anda menurunkan biaya konstruksi.

  1. Instalasi dan konstruksi

Ketika memilih bahan, anda perlu mempertimbangkan proses instalasi atau konstruksi. Hal ini tergantung pada materi yang anda pilih, anda mungkin perlu untuk mendapatkan tenaga ahli khusus untuk memasang instalasi yang rumit, dan ini akan emerlukan biaya tambahan. Beberapa bahan juga dapat melepaskan debu dan polutan lain yang dapt berbahaya bagi mereka yang bekerja di proyek.

  1. Prestasi

Pilih bahan material yang memiliki kemampuan structural untuk mendukung beban bangunan. Ketika memilih bahan atap misalnya, anda perlu memastikan bahwa struktur bangunan dapat secara efektif mendukung kekuatan bangunan dan umur bangunan. Bahan yang dipilih juga harus memungkinkan bagi penghuni untuk hidup nyaman tanpa efek samping seperti yang disebabkan oleh emisi kimia berbahaya.

  1. Pemeliharaan

Bahan bangunan terbaik adalah yang mudah diinstalasi dan awet. Pemeliharaan akan membantu untuk menjaga bangunan tampak baik untuk jangka panjang. Bahan bangunan berkualitas biasanya akan membutuhkan perawatan yang murah. Anda perlu mempertimbangkan umur bangunan dan cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan memilih bahan material yang terbaik.

  1. Efisiensi energy

Ketika anda membeli bahan bangunan yang hemat energy, anda akan mengurangi biaya yang dibutuhkan selama masa pemeliharaan rumah. Jendela atau bahan atap yang anda pilih akan mempengaruhi tagihan listrik bulanan anda. Sebuah rumah baik adalah rumah yang hemat energy dan bermanfaat baik bagi penghuni serta lingkungan

Untuk membantu konstruksi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Untuk diskusi lebih lanjut silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

 

 

Share This Article:

2 Comments

Memahami Definisi dan Ciri Khas Gaya Arsitektur Rustic - Rib Design

[…] material tersebut. Misalnya saja bata yang diekspose, tempelan batu alam dan struktur atap dengan material kayu yang dibiarkan seperti aslinya. Karena jarang menggunakan finishing, gaya rustic lebih ramah […]

Cara Membuat Pagar Atau Gerbang agar Aman dari Maling - Rib Design

[…] itu sendiri, juga harus memperhatikan keamanannya. Dengan cara memilih desain pagar yang aman serta material penyusun pagar yang kuat dan kokoh, Anda bisa terhindar dari kasus […]

Leave a Comment