Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pembuatan Plafon

      rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah

Plafon Rumah

Plafon atau langit-langit adalah bagian dari konstruksi bangunan yang begitu penting. Dalam merencanakan pembuatan plafon Anda harus mempertimbangkan desain dan material yang tepat agar plafon dapat memenuhi satu, dua, atau bahkan ketiga fungsi yang ada berikut:

  • Fungsi kenyamanan:Plafon menciptakan ruang isolasi antara atap dan ruang dalam untuk mereduksi panas dan dingin yang merambat ke dalam ruang, sehingga tercipta kenyamanan termal. Plafon juga mereduksi bising air hujan yang jatuh ke atap, dan juga suara pesawat.
  • Fungsi keindahan: Plafon membuat ruang terlihat lebih bersih dan rapi. Plafon juga menutup rangka atap yang boleh jadi kurang menarik. Sebagai sarana dekorasi, plafon berguna sebagai tempat menggantung lampu atau dekorasi ruang.
  • Fungsi keamanan:Plafon melindungi ruang dari tampias atau percikan air hujan, menahan jatuhnya kotoran dari celah-celah atap, dan mengantisipasi masuknya hewan pengganggu.

Plafon yang Aman dan Nyaman

Pertimbangkan beberapa hal berikut agar plafon rumah Anda dapat memenuhi fungsi keamanan dan kenyamanan!

Pilih material rangka plafon yang kuat, misalnya kayu, hollow, dan aluminium. Konstruksi rangka plafon harus mampu menahan beban plafon dan elemen pelengkap seperti fixturelampu. Material juga tidak mudah lapuk dan harus tahan rayap dan hewan pengerat. Kini bahan logam banyak dipilih karena tidak mudah lapuk dan tahan rayap.

  • Jika memilih material alami seperti kayu, bambu, baik untuk rangka ataupun panel sebaiknya dilapisi dengan coating antirayap.
  • Pilih juga lembaran plafon yang tidak mudah lapuk oleh tampias atau tetesan air hujan, kuat menaham tumpukan kotoran, tahan terhadap rayap dan hewan pengerat. Beberapa material lembaran plafon, misalnya papan kayu lambersering, multiplek, gipsum.
  • Agar tercipta ruang isolasi dengan sirkulasi udara yang baik, tinggi plafon ideal dari permukaan lantai ±3 meter. Lebih tinggi relatif lebih baik (sekitar 3,5–4 meter atau lebih).

Keindahan Plafon = Keindahan Ruang

Jika Anda memiliki cukup dana untuk pembuatan plafon maka rancanglah plafon yang tidak hanya kuat tetapi juga indah. Keindahan plafon akan mendukung keindahan ruang di bawahnya. Untuk terciptanya keindahan cermatilah beberapa hal berikut.

  • Pilih desain plafon yang sesuai selera Anda dan juga gaya arsitektur hunian. Hunian bergaya modern tentu kurang pas jika diberi plafon penuh ornamen dan ukiran rumit seperti gaya klasik
  • Pilih material plafon yang memancarkan keindahan, seperti kayu lambersering yang memberi kesan natural dan hangat atau bahan gipsum yang relatif mudah dibentuk sesuai selera
  • Sesuaikan warna plafon dengan nuansa ruang. Warna terang pada plafon memberi kesan ruang yang lebih tinggi, dan sebaliknya warna gelap membuat ruangan terkesan lebih rendah. Namun jika Anda kurang yakin, warna putih bisa menjadi pilihan paling aman. Selain bersifat netral, warna putih juga membuat ruang terkesan lebih terang dan lapang
  • Pilih sistem penerangan dan fixture lampu yang mendukung keindahan plafon. Misalnya menggantung chandelier untuk hunian bergaya klasik
  • Untuk menambah tampilan estetis plafon, jika perlu, gantungkan elemen dekoratif yang sesuai

Untuk membantu konstruksi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Untuk diskusi lebih lanjut silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

Share This Article:

Be the first to comment “Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pembuatan Plafon”