Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya, recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer Untuk Ruangan

MARMER memang terlihat mewah dan elegan, namun di balik itu semua marmer pun menyimpan kelebihan dan kekurangan nya. marmer telah di gunakan sejak dahulu di berbagai belahan dunia sebagai bahan material lantai, untuk mengetahui cocok atau tidaknya dengan karakteristik rumahAnda, pastikan Anda mempertimbangkan karakteristik marmernya. Karena akan membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi dan pemasangannya pun tidak mudah.

Marmer tersedia dalam berbagai bentuk bahkan bisa di pesan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda mulai dari ukuran slab, mozaik hingga 60×60. Harga marmer yang mahal membuat material penutup lantai ini kerap hanya terdapat di rumah-rumah mewah saja. tentu selain harga nya yang mahal juga biaya perawatan nya yang cukup mahal.

Lantai marmer cocok digunakan untuk rumah bergaya mediterania atau rumah modern karena akan menambah kesan elegan dan menawan. Sebaiknya marmer dipasang di ruang tamu, ruang keluarga, kamar atau ruang makan. Bila hendak di pasang di tempat yang sering terkena basah atau noda seperti kamar mandi atau dapur sebaiknya marmer dilapisi pelindung agar perawatan nya lebih mudah.

Pengertian Marmer

Marmer merupakan batuan alami yang terbentuk melalui tekanan dan panas. Batuan sedimen atau batu kapur, yang terutama mengandung kalsium tinggi,  bila diberi panas dan tekanan yang cukup akan berubah menjadi marmer. Marmer biasanya ditambang dalam potongan besar kemudian dipotong menjadi lempengan, blok ataupun ubin. Potongan ini kemudian diasah sampai rata dan dipoles hingga mengkilap.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

Sama seperti granit yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, marmer pun demikian. Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan lantai marmer, yaitu :

  1. Tahan panas dan tidak mudah menghantarkan

Kelebihan dari lantai marmer yang pertama adalah tidak mudah menghantarkan panas. Itu berarti, sebagai konduktor lantai marmer bersifat buruk. Oleh karena itu, marmer memiliki daya tahan dari sengatan panas bahkan hampir tidak dapat dibakar, lho! Karena itu, menggunakan marmer sebagai lantai di rumah justru akan membawa kesejukkan dan anti panas bahkan saat cuaca diluar sedang tidak bersahabat. Untuk Anda yang tinggal di daerah tropis, penggunaan lantai marmer merupakan solusi yang tepat.

  1. Variasi warna dan motif beragam

Tidak hanya anti panas, marmer juga memiliki pilihan warna dan motif yang beragam, lho. Harganya pun beragam, dari yang murah hingga mahal sekali pun. Harga sangat berperan penting untuk tips hemat membangun rumah. Dengan pilihan harga, anda dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

  1. Tidak mudah tergores

Anda tidak akan pernah tahu aktivitas apa saja yang akan dilakukan sepanjang hari di rumah. Tidak jarang, sengaja atau pun tidak sengaja kita menggores lantai rumah. Tapi tenang saja! Jika anda menggunakan lantai marmer, anda tidak perlu khawatir. Jika terjadi gesekan-gesekan, tidak akan merusak marmer dan buatnya menjadi kusam dan kehilangan kilauannya. Permukaan mengkilapnya tak lekas memudar meskipun sudah lama di pakai.

  1. Mudah dirawat

Akan membutuhkan waktu yang lama bagi marmer untuk kehilangan kilauannya dan menjadi kusam. Namun ketika lantai marmer kusam, anda tidak perlu khawatir. Kilauannya dapat dikembalikan lagi! Caranya adalah dengan menggunakan cairan khusus yang mengandung zat kimia, dimana akan bereaksi untuk mengembalikan kilap lantai marmer. Dan masih banyak lagi cara-cara membersihkan marmer yang kusam.

  1. Tahan lama

Jika dibandingkan dengan material lantai lainnya, tentu marmer memiliki tingkat paling optimal dari segi daya tahan.

  1. Kuat

Tidak hanya daya tahan lama, marmer juga kuat lho. Anda tidak perlu khawatir membeli furniture dengan beban yang cukup berat karena lantai marmer anda tidak akan retak.

  1. Desain Mewah

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa marmer memang memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Setiap motifnya yang beragam dan tidak serupa menjadikannya begitu memukau dan memiliki daya tarik tersendiri. Marmer akan cocok pada desain rumah minimalis dengan berbagai tipe dan masih banyak lagi.

Punya kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan penggunaan lantai marmer, diantaranya adalah :

  1. Permukaan Licin

Lantai marmer ternyata memiliki permukaan yang licin. Hal ini berbahaya karena menimbulkan resiko terpeleset yang lebih besar, apalagi jika anda memiliki anak kecil yang sedang aktif-aktifnya beraktivitas. Jika tidak hati-hati, tentunya ini akan menjadi sebuah tantangan. Oleh karenanya, anda perlu teliti dan jeli saat memilih motif dan bahan marmer karena ini sangatlah penting untuk dilakukan.

  1. Harga mahal

Kuat, tahan api, tahan lama, tentunya orang-orang akan bertanya-tanya berapa kisaran harga lantai marmer. Jawabannya ternyata, sangat mahal! Karena kualitas dan tampilannya yang begitu memukau dan presisi, serta terdapat aneka motif sesuai bentuk urat dan warna yang beraneka ragam membuat kisaran harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan material lantai yang lain. Semakin rapi dan jelas urat yang ditampilkan pada marmer, maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Ini tidak akan cocok jika anda ingin membangun rumah dengan dana minim.

  1. Sulit diperbaiki

Meskipun berkontur sangat kokoh dan kuat, namun marmer tetap memiliki kemungkinan untuk mengalami kerusakan seperti pecah atau bahkan terdapat lubang. Apabila lantai sudah terlanjur berlubang, akan sangat sulit diperbaiki. Cara mengembalikan kondisi lantai seperti semula adalah dengan memanggil tenaga ahli karena prosesnya tidak sembarangan. Para ahli dapat melalukan penambalan supaya marmer bisa terlihat seperti tampilan semula.

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan lantai mamer, alangkah lebih baik anda mengenali terlebih dahulu material yang akan anda gunakan. Demikianlah kelebihan dan kekurangan lantai marmer. Semoga bermanfaat!

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

Share This Article:

Be the first to comment “Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer”