Kaca Sebagai Bahan Bangunan

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya, recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led, cat minyak, mandor

Keunggulan Kelemahan Kaca

Desain kontraktor bangunan dan kontraktor rumah modern sering disertai dengan menampilkan pemakaian kaca-kaca. Pemakaian material kaca biasa diaplikasikan dalam bentuk dinding kaca yang luas/lebar, jendela kaca yang tinggi dan lebar serta pintu-pintu kaca yang juga lebar. Tahukan anda tentang keuntungan dan kekurangannya dari penggunaan material kaca.

Kaca adalah material padat yang merupakan zat cair yang sangat dingin, karena molekul-molekulya tersusun seperti air namun kohesinya membuat bentuknya menjadi stabil dan ini terjadi karena proses pendinginan yang sangat cepat.

Hal inilah yang membuatnya menjadi transparan atau tembus pandang. Dengan pengertian lain, Kaca adalah amorf (non kristalin) material padat yang bening dan transparan (tembus pandang), biasanya rapuh atau mudah pecah.

Kaca yang digunakan dalam bangunan bersifat tembus pandang sehingga ia dapat meneruskan cahaya, itu juga berarti dapat meneruskan sinar matahari. Namun dalam aplikasinya tidak selalu dibuat tembus pandang akan tetapi dapat juga dibuat menjadi semi tembus pandang atau sama sekali tidak tembus pandang.

Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan sengaja saat pencetakannya maupun memodifikasinya. Dengan menempelkan stiker atau film adalah salah satu cara untuk membuat kaca menjadi tidak transparan.

Sifatnya yang dapat memantulkan cahaya dan dibuat seperti apapun ia tetap dapat meneruskan cahaya, walaupun akan berbeda ketajamannya antara jenis kaca yang satu dengan yang lainnya.

Sifat yang menjadi kelemahannya adalah mudah pecah walaupun memang tahan terhadap zat kimia. Namun dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, kini sifat mudah pecah tersebut dapat diminimalisir.

Misalnya saja jenis kaca tempered, sebelum pecah akan mengalami perubahan bentuk terlebih dahulu seperti melengkung atau bengkok. Sehingga jenis ini akan membuatnya lebih aman untuk digunakan pada bangunan. Namun jangan lupa, licin juga merupakan sifatnya.

Bahan Pembuat Kaca

Kaca dibuat dari silikon dioksida (SiO2) atau silika, Na2O atau soda, CaO atau gamping dan beberapa zat tambahan. Suhu lelehnya adalah 2.000 derajat celcius. Pasir kuarsa untuk membuat kaca haruslah yang hampir murni, kandungan besinya tidak boleh melebihi 0.45% karena dapat merusak warna kaca.

Untuk soda terutama didapat dari soda abu padat (Na2CO3). Sedangkan untuk gamping  dari batu gamping serta gamping bakar dari dolomite. Sedangkan penambahan bahan-bahan tertentu bertujuan untuk memperkuat serta menambah sifat-sifatnya sehingga menjadikannya berbagai jenis kaca.

Keuntungan kaca : memberikan peluang sinar matahari masuk kedalam ruang bangunan, mengurangi penggunaan sinar lampu di siang hari, ruang menjadi kering dan tidak lembab, menangkal kebisingan suara luar bangunan, kaca mudah dalam pembersihan ketika terkena noda, kaca mampu menciptakan pandangan yang cukup luas ke luar bangunan sehingga kita dapat cukup view kelingkungan sekitar ruang “bangunan” dan kaca mampu meneruskan sinar matahari dari luar kedalam ruang sebesar kurang lebih 90% pada kaca bening.

Sangat baik ketahanan abrasi, Tahan terhadap bahan kimia, pelarut, minyak, gemuk, Tidak ada masalah degradasi UV, Stabil pada rentang suhu yang lebar, Mudah dibersihkan, Lama hidup produk, Penggunaan kaca dalam pekerjaan konstruksi untuk menambah keindahan kontraktor bangunan dan kontraktor rumah. Penggunaannya memenuhi pandangan arsitektur untuk dekorasi eksternal, Dengan menggunakan gelas kaca di pedalaman, menghemat ruang di dalam gedung.  Kaca cladding di gedung memenuhi kebutuhan fungsional pencahayaan, retensi panas dan hemat energi, Penggunaannya muncul rasa keterbukaan dan harmonis, Sebagai kaca dikeraskan tersedia, seseorang dapat memiliki desain interior rumah yang baik dengan penggunaan kaca di tangga transparan, rak berwarna, langit-langit dll, Kaca merupakan bahan yang sangat baik untuk isolasi termal, pemeriksaan air dan konservasi energi, Kaca merupakan konduktor panas yang buruk; menghemat energi di AC bangunan, Untuk membuat partisi kaca di lantai atas, tidak ada desain ekstra diperlukan untuk slab seperti kaca ini ringan.

Kelemahan kaca : kaca adalah material yang mudah pecah dan apabila terjadi retakkan maka tidak dapat diperbaiki, sinar matahari mampu masuk ke dalam ruang 90% sehingga ruang menjadi panas dan jika menggunakan AC maka kerja AC menjadi berat maka akan boros daya itu pun dinginnya udara AC kurang maksimal, apabila kaca sering terkena air “hujan” akan mudah terjadi noda oksidasi (buram terlihat berkerak) sehingga perlu di bersihkan secara berkala sebelum noda membandal dan yang terakhir memberikan pemanasan bumi akibat pantulan sinar, tidak cukup sampai disini saja! akibat kerja AC makin berat maka “out door” hembusan udara panas mesin AC akan menambah pemanasan bumi.

Pasanglah bukaan kaca yang cukup lebar pada dinding yang ternaung sinar matahari alias tidak langsung terkena paparan matahari, gunakan kaca yang cukup tebal karena ketebalan kaca akan mengurangi daya pantul dan mengurangi daya sebar kedalam ruang, ketiga adalah gunakan material kaca lebar pada ruang yang terasa minim cahaya.

Kami akan berikan ilustrasi tentang material kaca. Kaca ada beberapa jenis dan macamnya namun intinya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu kaca bening dan kaca berwarna. Kaca seperti yang kami terangkan diatas mampu menyebarkan panas dan cahaya kedalam ruang, namun dengan pemakaian warna dan ketebalan kaca dapat membantu meredam sebaran yang masuk kedalam ruang. Jika anda memang ingin menggunakan material kaca maka dapat diperhatikan hitungan dibawah ini sebagai sebuah pertimbangan.

Lebih berat dari plastik, Tidak baik saat plastik, Sebagai kaca adalah bahan yang sangat mahal, mungkin meningkatkan biaya dianggarkan dari pekerjaan konstruksi, Penggunaan kaca juga meningkatkan biaya keamanan, Penggunaannya di daerah perbukitan dan padang pasir dapat menyebabkan biaya perawatan lebih, Kaca juga tidak aman untuk daerah gempa terbukti.

Jika anda berminat untuk untuk bangun rumah, atau bangun rumah murah kami mempunyai jasa bangun rumah yang nyaman untuk anda. (https://www.ribdesignindonesia.com/konstruksi-bangun-baru/) anda juga bisa jasa renovasi rumah disini (https://www.ribdesignindonesia.com/konstruksi-renovasi/)

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini. Baca juga artikel selengkapnya disini( http://www.ribdesignindonesia.com/ )

 

Share This Article:

2 Comments

kontraktor umum

Tremendous issues here. I am very satisfied to see your article.
Thanks a lot and I’m taking a look ahead to touch you. Will you please
drop me a mail?

jasa infrastruktur

Thank you for some other informative blog. Where else may just I get that type of information written in such a perfect approach?
I have a venture that I am just now operating on,
and I’ve been at the look out for such info.

Leave a Comment