Mau Bangun Rumah? Yuk Membuat Pondasi Rumah Panggung

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led, cat minyak, mandor

Mau Bangun Rumah? Yuk Membuat Pondasi Rumah Panggung

Masyarakat Indonesia jaman dahulu lebih banyak Bangun rumah rumah dengan bentuk rumah panggung. Masyarakat jaman dahulu mempercayai bahwa rumah panggung adalah hunian yang paling ideal. Tujuan orang jaman dahulu membuat rumah panggung untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dan keadaan tanah yang berawa. Selain alasan tersebut alasan mereka membuat rumah panggung adalah untuk menghindari munculnya hewan yang berbahaya. Pada dasarnya bangunan rumah panggung adalah warisan nenek moyang yang dibangun terus secara turun temurun, dan dengan kekuatan tradisi tersebut rumah panggung masih dipertahankan. Rumah panggung identik dengan kehidupan masyarakat pesisir. Kontraktor bangunan Siap membuat rumah panggung yang anda ingin kan

Rumah Panggung memiliki bentuk bangunan yang sangat unik dengan adanya kolong di bawah rumahnya. Sebenarnya rumah pangung ini tidak jauh beda dengan rumah tradisional pada umumnya, yang membedakan adalah bentuk bangunannya lebih tinggi, dan bagi mereka yang masih sangat kental terhadap tradisi, akan merasa risih jika rumahnya tidak dibuat dengan bentuk panggung.

Seperti rumah pada umumnya, rumah panggung juga memiliki pondasi yang kuat untuk menopang beban bangunannya. Pondasi rumah panggung pada umumnya memiliki bentuk penampang segitiga yang besar pada bagian bawahnya, penampang lingkaran, penampang segienam berundak, dan juga penampang belah ketupat berundak dan memiliki bentuk yang besar pada bagian bawahnya. Namun yang sering digunakan orang untuk pondasi rumah panggungnya adalah berupa pondasi penampang lingkaran. Bentuk pondasi semacam itu dianggap lebih sederhana, bisa lebih menghemat biaya, bahan yang akan digunakan juga mudah didapatkan, serta cara pengerjaannya juga mudah. Oleh karena itu tidak heran jika para pemilik rumah panggung lebih memilih bentuk pondasi penampang lingkaran.

Seperti rumah pada umumnya pondasi adalah bagian terpenting dari bangunan rumah panggung. Pondasi rumah panggung biasanya disambungkan dengan struktur beton ke bangunan induk, atau bisa juga disambungkan dengan kayu atau batang kelapa yang berfungi sebagai tiang atau kolom bangunan rumah panggung. Pembuatan pondasi rumah panggung harus dikerjakan dengan sangat teliti dan hati-hati, karena kekuatan rumah panggung tergantung dari kondisi pondasinya. Jika pondasinya tidak kuat atau tidak dikerjakan dengan bagus maka akan menganggu keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan orang-orang di dalamnya bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan membahayakan nyawa sang pemilik rumah.

Pondasi yang digunakan untuk rumah panggung sebagian besar menggunakan pondasi jenis setapak atau setempat. Pondasi setapak atau setempat tersebut kemudian dihubungkan dengan kolom atau pilar. Dengan begitu rumah panggung dapat berdiri kokoh dan kuat.

Proses pembuatan pondasi rumah panggung juga sama dengan pondasi rumah-rumah tanpa menggunakan panggung. Justru pondasi rumah panggung harus dibuat sekuat mungkin karena bentuk rumah yang menggantung bisa menambah berat beban bangunan. Pada umumnya rumah panggung terbuat dari meterial bahan bangunan kayu, dan bebannya juga tidak kalah berat dengan bahan material lainnya.

Saat ini Bangun rumah memang sudah sulit sekali kita jumpai model rumah panggung yang lebih dominan menyerupai rumah tradisional, karena seiring berjalannya waktu bangunan rumah pnggung terpengaruh oleh bangunan belanda yang menghilangkan bentuk rumah panggung. Sehingga hanya berupa rumah tradisional yang berdiri di atas tanah tanpa adanya kolong dibawahnya. Padahalsebenarnya rumah panggung pantas untuk tetap dilestarikan sebagai salah satu ragam budaya Indonesia, karena rumah panggung memiliki bentuk bangunan yang sangat unik. Kontraktor bangunan Juga bisa mewujudkan impian rumah anda

Jika anda masih berminat untuk melestarikan rumah panggung . Interior rumah sekedar untuk tempat bersantai dihalaman belakang rumah anda, atau anda ingin membuat konsep villa pribadi milik anda dengan bentuk bangunan rumah panggung anda bisa menerapkannya dan pastikan anda tentukan dulu lingkungan dan jenis tanah yang akan anda gunakan untuk pondasi awalnya agar rumah panggung yang anda inginkan dapat berdiri dengan kuat dan kokoh serta aman untuk di huni.

Demikian penjelasan tentang pondasi rumah panggung. Semoga ulasan tersebut bisa menambah wawasan anda tentang rumah panggung dan jenis pondasi yang tepat untuk memikul bentuk bangunan seperti rumah panggung. Setelah anda mengetahui pondasi yang tepat barulah anda merancang pembuatan rumah panggung yang menjadi impian anda. Anda juga butuh Renovasi rumah untuk memperbagus lagi dan membuat menjadi lebih nyaman dari sebelumnya

Cara Membuat Pondasi Rumah Panggung – Seperti pada judul yang sedang Anda baca di atas, website ini membahas perihal Cara Membuat Pondasi Rumah Panggung lengkap dengan gambar yang akan memberikan Anda pandangan baru-inspirasi mendesain dan mendekorasi rumah seperti Cara Membuat Pondasi Rumah Panggung yang admin sajikan. Di bawah ini yaitu kumpulan Cara Membuat Pondasi Rumah Panggung yang mungkin akan menginspirasi Anda dalam mendesain dan mendekorasi rumah Anda.

Bangun rumah panggung merupakan salah satu bangunan tradisional khas yang digunakan pada masyarakat pada zaman dahulu. Dulunya, Kontraktor bangunan menganggap rumah panggunglah yang dianggap sebagai hunian ideal. Bukan rumah minimalis sederhana atau beragam jenis-jenis rumah tinggal masa kini. Rumah panggung merupakan salah satu hunian yang unik karena pada bagian bawahnya terdapat kolong atau area kosong. Rumah panggung ini sebenarnya tidak terlalu beda dengan rumah tradisional lainnya, hanya saja ketinggiannya yang membuat rumah ini terasa berbeda. Dibandingkan dengan berbagai desain rumah minimalis, rumah panggung sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan menggunakan rumah panggung, Anda dapat menghindari bencana alam seperti banjir karena ketinggiannya yang lebih dari lingkungan sekitar.
  • Konstruksi rumah panggung juga dirancang agar bangunan dapat bergerak jika terkena gempa sehingga bangunan tidak akan rusak maupun rubuh.
  • Ruang kosong yang tercipta diantara bangunan dan pondasi tersebut dapat digunakan sebagai area resapan air yang optimal, seperti cara membuat lubang biopori atau penanaman rerumputan.
  • Kondisi rumah yang tidak langsung berhubungan dengan tanah memungkinkan terciptakan sirkulasi udara yang lebih bagus.
  • Rumah panggung juga menegaskan zonasi ruang antara ruang privat seperti kamar tidur dengan ruang publik seperti ruang tamu.

Seperti rumah pada umumnya, rumah panggung juga perlu disokong dengan pondasi yang kuat sebagai penopang bangunan. Pondasi rumah panggung memiliki bentuk yang beragam, ada yang berupa penampang segitiga besar, penampang lingkaran, penampang segienam berundak dan juga penampang belah ketupat. Namun jenis yang biasa digunakan adalah penampang lingkaran karena dianggap lebih sederhana dan menghemat biaya. Pondasi rumah panggung biasanya menggunakan jenis pondasi rumah berupa pondasi setempat. Dalam proses pembuatan pondasi setempat terbagi menjadi empat proses, yakni penggalian tanah pondasi, penulangan pondasi, pekerjaan bekisting dan yang terakhir adalah tahap pengecoran. Berikut ini adalah cara membuat pondasi rumah panggung, pondasi setempat yang dapat Anda lakukan.

  1. Pekerjaan Galian Tanah Pondasi

Pekerjaan galian tanah pondasi terbagi menjadi beberapa proses pekerjaan, yakni :

  • Pertama-tama adalah proses pekerjaan penggalian tanah. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati. Sebelumnya Anda perlu menentukan terlebih dahulu dimensi pondasi serta kedalamannya supaya tidak terjadi kesalahan.
  • Untuk jenis tanah yang kurang baik, pembuatan tebing dinding galian tanah pondasi dibuat dengan menggunakan perbandingan 5:1. Sedangkan untuk tanah yang baik dapat dibuat dengan perbandingan 1 : 10.
  • Lebar dasar galian tanah dibuat lebih lebar dari ukuran pondasi yang digunakan.
  • Ingatlah bahwa semua galian tanah harus ditempatkan diluar area pekerjaan supaya tidak mengganggu proses kerja.
  1. Pekerjaan Penulangan Pondasi

Pekerjaan penulangan pondasi terbagi menjadi beberapa proses pekerjaan, yakni :

  • Pertama-tama Anda perlu mengukur terlebih dahulu panjang masing-masing tualangan yang digunakan dari ukuran pondasi setempat Anda.
  • Dalam mendesain pondasi, jangan lupa perhitungkan bentuk tipe tulangan yang ada pada pondasi setempat tersebut.
  • Tipe tulangan tersebut lalu dirakit dengan kawat agar tidak terlepas satu sama lain.
  • Selanjutnya tulangan tersebut dipasang pada pondasi. Letakan secara tegak lurus pada permukaan tanah dengan menggunakan bantuan waterpass.
  • Pastikan rakitan tulangan Anda tidak bersentuhan langsung dengan dasar tanah. Sisakan jarak sebesar 40 mm antara tulangan dengan tanah dengan menggunakan pengganjal yang terbuat dari batu kali. Letakan pada setiap ujung sisi tulangan agar tulangan tidak menjadi karat.
  • Setelah tulangan sudah diletakan dengan benar, maka Anda dapat melakukan proses pengecoran.

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi contact center 021-22743373 , (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

 

Share This Article:

Be the first to comment “Mau Bangun Rumah? Yuk Membuat Pondasi Rumah Panggung”