Mau Bangun Rumah Dengan Membuat Biopori untuk Resapan Air dan Mengatasi Banjir? Penasaran? Yuk Lihat Artikel ini!

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led, cat minyak, mandor

Mau Bangun Rumah Dengan Membuat Biopori untuk Resapan Air dan Mengatasi Banjir?

Pengertian Biopori

Menurut Kontraktor bangunan Biopori biasa juga disebut dengan lubang resapan biopori merupakan lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Lubang ini memiliki diameter antara 10-30 cm dan tidak memiliki muka air tanah dangkal.

Lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik yang memiliki fungsi sebagai makanan makhluk hidup yang ada di tanah, seperti cacing dan akar tumbuhan.

Manfaat Biopori

Pembuatan biopori juga memiliki tujuan agar kita memperoleh manfaat. Berikut ini ada empat manfaat yang Interior rumah dapatkan jika membuat lubang resapan biopori di halaman rumah.

1. Mengurangi Sampah Organik

Dengan Bangun rumah Pembuatan lubang resapan biopori dapat mengurangi sampah organik dari rumah kita ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Karena, ketika kita membuat lubang, salah satu proses yang harus dilakukan adalah memasukkan sampah organik.

Selain mengurangi sampah organik yang akan dibuang ke TPA, pembuatan biopori juga akan membuat masyarakat biasa memilah antara sampah organik dan anorganik.

2. Menyuburkan Tanah

Ketika kita memasukkan sampah organik ke dalam lubang, akan terjadi proses biologis yang akan menjadikan sampah tersebut menjadi pupuk kompos. Dengan terbentuknya pupuk kompos di dalam lubang, tentu akan membuat tanah menjadi lebih subur.

3. Membantu Mencegah Terjadinya Banjir

Saat ini, banjir sering terjadi entah itu di kota atau di kampung, dan salah satu penyebabnya adalah sistem drainase yang tidak baik. Biasanya di daerah padat penduduk drainasenya buruk karena kurangnya daya serap air oleh tanah.

Dengan membuat lubang resapan biopori, dapat membantu air untuk segera masuk ke dalam tanah. Selain itu, sampah organik yang ada di dalam lubang merupakan makanan dari cacing tanah.

Cacing yang masuk ke dalam lubang akan membuat terowongan-terowongan kecil di dalam tanah ketika menuju ke lubang yang berisi sampah organik. Hal ini tentu akan membuat air lebih cepat meresap ke dalam tanah.

4. Mempengaruhi Jumlah Air Tanah

Terowongan-terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah akan meningkatkan luas permukaan tanah. Hal ini tentu akan membuat kapasitas tanah untuk menampung air menjadi meningkat. Bahkan, lubang resapan biopori ini mampu meningkatkan luas bidang resapan menjadi 40 kali lipat.

Lokasi Pembuatan Biopori

Dengan Kontraktor bangunan membuat biopori sebaiknya dilakukan pada area terbuka yang akan terkena air hujan. Kita bisa membuatnya rumah, sekitar pepohonan, sekitar tempat parkir, dan tempat terbuka lainnya.

Perawatan Biopori

Lubang resapan biopori ini juga harus kita rawat agar tetap terjaga kualitasnya dan dapat berfungsi dengan baik. Kita perlu melakukan beberapa hal berikut untuk merawat lubang biopori.

  • Kita dapat mengisi lubang biopori dengan sampah organik secara bertahap setiap lima hari sekali sampai lubang terisi penuh dennga sampah.
  • Lubang resapan biopori yang sudah terisi penuh dengan sampah dapat kita biarkan selama tiga bulan agar sampah tersebut nantinya menjadi kompos.
  • Setelah tiga bulan, angkat kompos yang sudah jadi dari lubang biopori, dan lubang siap diisi kembali dengan sampah yang baru. Kompos pun siap digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di halaman rumah.

Tips dan Trik

Untuk mempermudah pembuatan lubang resapan biopori saat Bangun rumah, ikuti tips dan trik berikut ini.

  • Setiap mata bor masuk seluruhnya ke dalam tanah, tarik mata bor sambil diputar ke kanan, lalu bersihkan tanah yang terbawa mata bor. Setelah itu, lanjutkan kembali pengeboran tanahnya.
  • Kita bisa melakukan penyiraman dengan air selama proses pengeboran agar lebih mudah melubangi tanah.
  • Ketika terdapat bebatuan atau kerikil yang menghalangi, kita dapat menghentikan pembuatan lubang atau bisa dihilangkan terlebih dahulu batu yang mengganggu tersebut.
  • Kalau tidak punya bor tanah, bisa juga digunakan linggis untuk membuat lubang.
  • Kamu bisa melakukan penyemenan di sekeliling lubang agar biopori lebih awet.
  • Dalam internal Aqua Pandaan sendiri sudah tersedia proggam “Satu Karyawan Satu Biopori Di Rumah“. Programnya sudah dimulai dari 2010 dan ditahun 2016-1017 program membuat biopori menjadi salah satu KPI dari karyawan Aqua.
  • Selama ini Aqua dengan #AQuaLestari berkomitmen menjaga, melestarikan sumber daya air dan bersama-sama membuat perubahan. Bergerak terus komitmen membuat biopori dan sumur resapan. Manfaat biopori sudah dirasakan oleh kota Pasuruan. Karena musibah banjir yang melanda Pasurauan lalu setiap rumah membuat biopori akhirnya banjir berkurang dan media tanah tumbuh subur.
  • Mendengar cerita itu saya jadi mau belajar lebih membuat biopori. Selama ini saya hanya tau Biopori melalui tulisan, televisi. Sekarang bisa mempraktekan langsung. Setelah mendengar penjelasan  mengenai biopori dan cara membuatnya di pabrik Aqua Pandaan, saya dan teman-teman menuju desa Ledhuk untuk mepraktekan membuat biopori setelah tau  caranya saya dan teman-teman bisa mempraktekan dirumah.
  • Desa Ledhug adalah desa percontohan pengembangan biopori dan sumur resapan, karena desa ini mempunyai curah hujan yang tinggi. air hujan biasanya mengenang dan mengalir ke permukaan ke jalan raya. Sekarang tiap rumah memiliki sumur resapan. Diharapkan adanya sumur resapan bisa mencegah erosi dan juga banjir. untuk biopori dilaksanakan atas kerjasama dengan NGO lokal “Yayasan Satu Daun” dan mbah Kasiman, Kepala  LMDH (Lembaga Masyarkat Desa Hutan) Bumi Lestari Mulyorejo.

Kira-kira membuat lubang biopori susah atau tidak ya?  Ternyata cara membuat lubang biopori mudah dibuat Happy Friends . Yuk disimak cara Kontraktor bangunan  membuatnya :

Pilih lokasi yang tepat. Pada saat Bangun rumah Kita cari tempat di sekitar genangan air atau sekitar pohon tumbuhan atau di saluran drainase.  lubang biopori dibuat gitu pake bebas lalu lalang terus mana candi batas

  1. Setelah menemukan tempat yang cocok. Basahi permukaan tanah dengan air untuk mempermudah membuat lubang.
  2. Selanjutnya kita mulai membuat lubang biopori mengunakan bor biopori. Letakan mata bor tegak lurus, Lalu bor diputar-putar searah jarum jam.
  3. Setelah mata bor penuh dengan tanah,  angkat bor dan bersihkan mata bor. Buat lobang hingga kedalaman sekitar 80-100 cm.
  4. Lalu masukkan sampah organik, disaat ini saya mengunakan daun-daun kering ke dalam lubang sampai penuh.
  5.  Tutup  lubang dengan penutup agar lubang tidak terinjak-injak orang, tanah tidak logsor dan juga agar hewan lain atau material lain yang tidak diinginkan masuk kedalam lubang.

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi contact center 021-22743373 , (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

 

 

Share This Article:

Be the first to comment “Mau Bangun Rumah Dengan Membuat Biopori untuk Resapan Air dan Mengatasi Banjir? Penasaran? Yuk Lihat Artikel ini!”