Cara Meredam Suara Bising

10 Cara Meredam Suara Bising dari Luar Rumah

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led

Siapapun tentu setuju bahwa rumah yang menenangkan adalah rumah yang ideal untuk dijadikan hunian. Beberapa orang memaknai “peaceful” dengan pemilihan furniture, bahan dan pencahayaan yang pas untuk menghiasi rumah. Padahal ada satu hal yang tidak kalah penting membuat ruangan menjadi tenang – yaitu peredam suara.

Bayangkan ketika Anda bangun dari tidur di pagi hari dengan suara bising dari tetangga di depan rumah atau klakson kendaraan yang hendak melintas.
Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membagikan informasi kepada sobat semua tentang bagaimana cara meredam suara bising dari luar rumah yang membuat suasana rumah kita menjadi tidak nyaman. Yuk kita simak pemaparannya berikut ini.

  1. Karpet

Cara meredam suara bising dari luar rumah yang pertama ialah dengan menggunakan karpet. Salah satu alat yang bisa anda gunakan untuk meredam suara adalah karpet. Selain fungisnya untuk menutupi lantai, ternyata karpet ini juga berfungsi sebagai peredam suara loh sobat, seperti halnya yang dilakukan oleh  bioskop – bioskop yang sering kita kunjungi.

Sebarkanlah beberapa karpet di ruangan – ruangan anda, gunakanlah karpet yang berbahan tebal untuk mengurangi kebisingan dirumah anda. Karpet yang tebal dpat menyerap getaran dan gema, sehngga menghindari hunian anda dari suara yang bising.

  1. Tirai

Cara meredam suara bising dari luar rumah yang kedua adalah menggunakan tirai. Getaran dapat merambat melaui udara, dan salah satu medium yang dapat membuat udara masuk adalah jendela. Apabila suara diluar terlalu bising, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan tirai tebal. Lapisan ganda yang terdapat pada tirai dapat membantu anda untuk mengurangi suara yang bising yang masuk kedalam rumah anda.
3. Barang Seni Dengan Kanvas

Cara meredam suara bising dari luar rumah berikutnya dengan menggunakan barang seni kanvas. Selain untuk memperindah dinding anda, ternyata lukisan dengan kanvas ini juga ada manfaat lainnya yang tidak kalah penting loh sobat. Salah satu fungsi lainnya adalah untuk meredam suara bising yang akan masuk ke rumah anda.

Cara pemasangannya adalah lukisan anda yang telah dipasang kanvas, gantungkan didinding. Tetapi sebelum digantungkan, pasang atau tempel terlebih dahulu panel akustik pada dinding anda, pastikan ukuran panel akustik tersebut sama dengan ukuran lukisan yang akan anda tempelkan di kanvas tersebut. Selain memperindah dindig anda, rumah anda juga akan jauh dari suara bising ya sobat.

  1. Rak Buku

Benda – benda yang berat dan padat juga dapat membantu mengurangi kebisingan dari luar yang akan masuk kerumah anda. Ada kalanya anda mempunyai tetangga yang suka bertengkar dengan suara yang keras atau mungkin tetangga yang memainkan musik dengan suara yang keras tanpa memperhatikan tetangganya terganggu apa tidak.

Untuk menyiasati hal seperti ini, ada baiknya sobat semua menggunakan rak di dinding kamar atau dinding yang lainnya agar suara kebisingan tersebut tidak sampai mengganggu anda ya sobat. Untuk sobat semua yang suka menyetel music dengan suara kencang atau suka berantem, mulai saat ini di stop ya sobat, karena hal ini akan mengganggu kenyamanan tetangga anda.

  1. Tanaman

Daun dan batang pada tanaman memiliki kemampuan membiaskan, menyerap, dan juga membelokkan kebisingan disekitarnya. Untuk itu, apabila rumah anda rentan dengan suara kebisingan dari luar rumah, sebaiknya anda mulai menanam tanaman yang anda suka di area pekarangan rumah anda ya sobat, agar rumah anda terhindar dari suara kebisingan dari luar.

  1. Pelindung Aliran Udara Pada Pintu

Seperti yang kita ketahui bersama, apabila ada aliran udara, berarti disitu juga ada potensi suara untuk masuk. Logikanya, semakin sedikit aliran udara yang masuk kerumah anda, maka semakin besar pula keheningan yang anda dapat. Begitupun dengan sebaliknya.

Untuk menghindari kebisingan ini, anda bisa mencoba memasang door draft protector , atau pelindung udara, yang dapat anda pasang dibawah atau diats pintu rumah atau kamar anda. Selain menghambat aliran udara yang masuk, door draft protector ini berfungsi juga sebagai penghamabat suara bising yang masuk.

  1. Insulasi

Insulasi merupakan cara paling signifikan untuk mencegah masuknya suara bising ke dalam dan keluar rumah anda. Insulator ini tak hanya berguna meredam getaran suara, namun juga mengurangi panas yang merambat masuk kerumah anda. Hanya info saja sobat, pemasangan insulator ini hanya bisa dilakukan pada saat pertama kali melakukan pembangunan rumah ya, karena insulator ini di tanamkan dalam dinding rumah anda.

  1. Lembar Gabus atau Styrofoam

Gabus adalah penyerap suara yang baik dan tergolong murah, dan cara ini bisa menjadi cara alternatif untuk membuat ruangan anda menjadi kedap suara. Selain itu, benda ini juga lebih gampang di temukan. Lapisi seluruh dinding anda dengan gabus, agar ruangan anda lebih nyaman. Apabila anda tidak suka dengan hanya warna yang polos tentu saja anda bisa mendekorasi warnanya sesuai dengan warna yang sobat inginkan.

  1. Gunakan Pintu Tanpa Menggunakan Ukiran

Sebaiknya anda gunakan pintu yang flat atau datar, karena pada umumnya pintu yang polos tanpa ukiran lebih kedap terhadap suara. Kalau anda menginginkan kamar atau atau rumah anda lebih kedap terhadap suara, sebaiknya anda menggunakan pintu yang flat aja ya sobat.

  1. Aplikasikan Cat Peredam Suara

Cara meredam suara bising dari luar rumah yang terakhir ialah dengan menggunakan cat peredam. Ternyata cat untuk peredam suara ada loh sobat. Cat ini diformulasikan khusus untuk melindungi dinding dan mengurangi kebisingan sampai dengan 30 %. Walupun masih terdengar langka tapi cara ini bisa anda coba.

Sampai disini dulu sobat pembahasan artikel mengenai cara meredam suara bising dari luar rumah pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang penulis sampaikan dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

Share This Article: