Cara Memasang Batu Alam

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya,  recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led, cat minyak, batu alam

11 Cara Memasang Batu Alam di Rumah Untuk Pembuatan Dinding

Batu alam merupakan salah satu material yang banyak digunakan masyarakat sebagai salah satu dari bahan-bahan dalam membangun rumah.  Terutama pada proses akhir atau finishing. Hal ini karena batu alam memberikan tampilan yang alami sehingga begitu populer pada masa kini. Keragaman jenis serta cara pemasangannya dapat menghasilkan berbagai varian pola dan bentuk. Selain itu tampilannya juga membuat batu alam seolah menjadi elemen wajib dalam proses pembangunan rumah.

Aplikasi batu alam dapat diterapkan diberbagai tempat seperti taman, pagar bahkan kamar mandi. Namun, tidak semua bagian rumah dapat menggunakan batu alam. Ruangan-ruangan yang mudah kotor seperti dapur atau garasi sebaiknya tidak menggunakan batu alam karena akan sulit pada proses pembersihan.

Penerapan batu alam dirumah memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang anda dapatkan biasanya adalah rumah anda akan nampak elegan, natural dan terkesan mewah. Selain itu, jika digunakan pada lantai maka tidak akan cepat rusak. Beberapa kelebihan lain diantaranya :

  • Jika terdapat kerusakan pada lantai tidak akan mengurangi keindahan dari batu alam.
  • Ukurannya sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Hal ini akan meningkatkan daya jual rumah anda.

Diantara beberapa kelebihannya, kekurangan batu alam adalah warnanya yang tidak seragam sehingga membutuhkan ketelitian dalam memilih. Batu alam juga merupakan material yang berat dan membutuhkan tenaga ekstra untuk memasangnya.  Sebagai material rumah, harga kisarannya cukup mahal jika dibandingkan dengan material keramik. Ini tidak cocok jika anda ingin membangun rumah dengan dana yang minim.

Cara Memasang Batu Alam di Rumah

Menghadirkan kesan natural ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk hasil yang maksimal dan indah, membutuhkan ketelitian yang tinggi. Seperti memilih motif, warna, ukuran dan bagian rumah Anda yang akan didesain dengan tepat akan menentukan keberhasilan dari hasil pemasangan batu alam.

Banyak sekali jenis batu alam yang dapat Anda gunakan. Harga dan motif bervariasi dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Batu alam kini banyak dijajalkan ditoko-toko bahan sehingga memudahkan anda untuk  membeli. Keberhasilan dari pemasangan batu alam tidak hanya ditentukan dari faktor pemilihan batu dan harganya yang murah. Namun faktor pemasangan adalah hal yang tidak boleh luput.

Berikut ini adalah cara memasang batu alam dirumah, pada pengaplikasian dinding :

  1. Hal pertama yang anda lakukan adalah menentukan dinding mana yang akan digunakan untuk batu alam. Pastikan dinding yang anda pilih sesuai dengan karakteristik batu alam sehingga batu alam tidak mudah rusak dan sia-sia. Pastikan dinding benar-benar kuat karena bobot yang terlalu berat dapat menjadi penyebab dinding rumah retak struktur.
  2. Setelah anda benar-benar memastikan, selanjutnya persiapkan alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan. Diantaranya adalah paku beton, benang dan adukan semen. Benang digunakan sebagai acuan pemasangan agar hasil menjadi rapih, siku serta rata. Untuk finishing, siapkan pelapis/coating untuk melapisi permukaan batu alam supaya tidak berlumut.
  3. Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan batu alam yang akan digunakan berbentuk siku. Apabila batu tidak siku, anda tidak perlu khawatir! Anda dapat membentuknya kembali dengan alat pemotong keramik.
  4. Langkah selanjutnya, anda pesiapkan dinding yang akan ditempel dengan batu alam. Caranya adalah dengan megupas permukaan dinding secara acak supaya adukan semen dapat merekatkan batu dan dinding dengan baik.
  5. Pada bagian dinding atas yang dipasangkan dengan benang, pasang paku beton. Benang ini merupakan acuan pemasangan batu alam supaya bentuk tetap siku.
  6. Setelah itu, basahi atau rendam batu alam menggunakan air. Ini dilakukan untuk menjaga kelembaban batu alam. Seperti yang diketahui, batu alam memiliki pori yang besar sehingga jika batu alam terlalu kering maka batu akan menyerap air dalam adukan semen ketika hendak dipasang. Sebagai pencegah, maka batu dibasahi terlebih dahulu agar dapat merekat dengan sempurna.
  7. Proses pemasangan batu dapat dimulai dari bagian bawah dinding terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memberi ganjalan pada dinding disetiap layernya supaya batu tidak merosot ke bawah karena bobotnya yang cukup berat.
  8. Untuk adukan semen, anda dapat menggunakan aduka semen pasir atau pun semen khusus instan supaya batu merekat dengan baik. Pastikan adukan semen dalam proposi yang baik.
  9. Sebagai alternatif desain, anda dapat menggunakan teknik pemasangan maju mundur untuk menambah nilai estetika.
  10. Setelah batu selesai dipasang, pada bagian sisi dinding akan muncul sisa-sisa semen. Segera bersihkan semen tersebut supaya tidak kering.
  11. Ketika proses pemasangan benar-benar selesai dan batu alam bersih dari sisa-sisa semen, lapisi batu alam dengan cat pelindung (coating) agar batu tidak mudah berlumut. Penggunaan coating ini dilakukan minimal enam bulan sekali untuk menjaga keindahan batu alam.

Tips Perawatan Dinding Batu Alam 

Adapun perawatan dinding batu alam tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Berikut langkah dan tips dalam merawat dinding batu alam.

Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding batu alam tersebut.

  1. Jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.
  2. Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding batu alam tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.
  3. Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali.

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

Share This Article: