Apa Bedanya Polikarbonat Solarlite Dengan Twinlite?

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya, recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate

Perbedaan Polikarbonat Solarlite Dan Twinlite

Pada zaman ini perkembangan material semakin banyak dilakukan. Hal ini diantaranya adalah pengembangan material batu bata, lantai dan tidak lupa juga atap. Atap sangat penting sebagai pelindung rumah. Oleh karena itu, penutup atap yang baik adalah salah satu kriteria sebagai bahan-bahan dalam membangun rumah.

Jenis-jenis atap rumah terbaru minimalis memang sudah banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, hal ini tidak menurunkan eksplorasi lebih lanjut terhadap alternatif atap lain yang dapat digunakan. Salah satunya adalah material polycarbonate yang sebenarnya sudah ada sejak lama sekali.

Polikarbonat [Polycarbonate] merupakan bahan utama untuk pembuatan kanopi. Biasanya pembuat kanopi adalah bengkel las yang biasa juga membuat pagar dan kontruksi besi lainnya.

Tips sederhana memilih kualitas polikarbonat (polycarbonate) adalah dengan menekan kuat dengan jari penampang berongga pada lembaran polikarbonat.

Jika berkualitas jelek maka konstruksi berongga polikarbonat yang ditekan tadi tidak akan kuat menahan tekanan jari (‘penyok’).

Anda bisa lakukan test ini pada beberapa merk polikarbonat yang berbeda lebih disarankan lagi anda lakukan test ini pada polikarbonat dengan harga yang termahal dan pada harga yang termurah untuk lebih jelas melihat perbedaannya.

Mengenal Polycarbonate

Polikarbonat atau Polycarbonate merupakan salah satu dari jenis thermoplastic polimer. Polycarbonate memiliki sifat yang mudah dalam pengerjaannya (easily worked), proses cetaknya (easily moulded) dan mudah terbentuk dengan panas (easily thermoformed). Material ini biasanya banyak digunakan pada industri kimia modern.

Polycarbonate memiliki sifat dasar yang tembus pandang, ringan, tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu serta tahan terhadap benturan. Hal ini menjadikan polycarbonate sebagai material plastik paling ideal untuk pengganti kaca pada cakupan aplikasi yang sangat luas di bidang industri serta bidang lainnya.

Pada bangunan, polycarbonate mulai digunakan di Indonesia sejak awal tahun 90-an, yakni sebagai material atap yang membutuhkan penerangan cahaya alami dari sinar matahari. Oleh sebab itu, sudah menjadi standar bagi setiap produsen material atap polycarbonate untuk menambahkan lapisan anti UV pada salah satu sisi ataupun keduanya di setiap lembaran polycarbonate. Bahkan pada produk-produk premium hasil buatan Eropa, komponen anti UV ini dicampurkan langsung di mesin ekstrusi pada saat produksi sehingga menyatu dengan material polycarbonate. Sistem produksi ini akan memperpanjang umur polycarbonate jika dibandingkan dengan sistem pelapisan yang akan lebih mudah rontok, tergores atau pun terkelupas.

Perbedaan Polycarbonate Solarlite Dan Twinlite

Polycarbonate adalah jenis atap kanopi yang populer pada beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini pun masih banyak digunakan. Selain aman digunakan, anda dapat mendapatkan pencahayaan yang cukup di dalam rumah karena sifatnya yang tembus pandang.

Material polycarbonate sendiri terdiri dari beberapa merk. Diantaranya adalah Lexan, Twinlite, Solarlite, Starlite, X-lite, Carbolux, Excellent, Lexan Carbaron, GE, Molydex, Cladian Plastdan masih banyak lagi. Dari sekian banyak merk yang tersedia beberapa merk sudah teruji kekuatannya, yakni merk Twinlie dan Solarlite.

Akan tetapi, material ini nyatanya tidak sama seratus persen dan masih memeliki beberapa perbedaan. Perbedaan Polycarbonate Solarlite dan Twinlite diantaranya adalah :

  1. Ketebalan

Ketebalan Polycarbonate Twinlite dan Solarlite ternyata berbeda dan tidak sama. Untuk Twinlite, ia memiliki ketebalan sekitar 5 mm dan 6 mm. Sedangkan Solarlite, hanya tersdia dalam ketebalan 5 mm saja. Hal ini membuat merk Twinlite lebih banyak direkomendasikan karena memiliki variasi ketebalan dibandingkan dengan Solarlite.

  1. Pemilihan Warna

Polycarbonate memiliki warna-warna yang beragam. Diantaranya adalah hijau, biru, abu-abu, bening atau transparan dan masih banyak lagi. Pada Polycarbonate Solarlite, warna-warna yang digunakan cenderung lebih cerah dan lebih bening jika dibandingkan dengan warna-warna Twinlite. Twinlite tersedia dalam warna cool grey, cool bronze, silver milennium, cool blue, cool green, opal, tosca dan clear. Sedangkan Solarlite adalah grey, green bronze, blue, dan clear. Untuk penyuka warna soft dan cerah, Solarlite-lah pilihannya. Sebaliknya, untuk warna yang lebih pekat Anda dapat menggunakan Twinlite. Anda dapat menyesuaikan warna atap dengan warna cat rumah elegan milik anda.

  1. Garansi

Seperti halnya produk-produk lain, polycarbonate juga memiliki garansi. Untuk merk Polycarbonate Twinlite (Limited Warranty) garansi yang diberikan dari pabrik adalah sekitar 10 tahun. Hal ini berkaitan dengan warna dan ketahanan dari material itu sendiri. Sayangnya, untuk material Polycarbonate Solarlite ia tidak memiliki garansi dari pabrik.

  1. UV Protection

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada saat proses pembuatan atap polycarbonate menggunakan lapisan UV Protection agar menambah daya tahannya supaya tidak mudah tergores atau pun rontok. UV Protection pada merk Twinlite lebih baik jika dibandingkan dengan merk Solarlite.

  1. Alternatif Harga

Harga merupakan hal yang penting sebagai tips hemat membangun rumah sendiri. Secara keseluruhan Polycarbonate merk Twinlite memang memiliki kualitas dan spesifikasi yang lebih baik. Akan tetapi, hal ini ternyata membuat harganya lebih mahal karena kualitas bagus yang ditawarkannya. Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan dana minim, merk Solarlite lebih dianjurkan karena harganya yang lebih terjangkau.

Demikianlah penjelasan mengenai Polycarbonate serta perbedaan dari Polycarbonate Twinlite dan Solarlite. Setiap merk memang meliki kelebihan dan kekurangan. Anda dapat berpikir sejenak seraya membaca artikel ini sebelum hendak memutuskan memilih merk yang akan digunakan. Semoga bermanfaat!

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini.

Share This Article:

Be the first to comment “Apa Bedanya Polikarbonat Solarlite Dengan Twinlite?”