Cara Merawat Rumah Kayu Agar Tahan Lebih Lama

rib design, kontraktor, kontraktor terpercaya, kontraktor amanah, kontraktor rumah, kontraktor jujur, kontraktor bangun rumah, kontraktor renovasi rumah, renovasi rumah, bangun rumah, renovasi, konstruksi, konstruksi rumah, ruko, interior, desain, design, eksterior, fasad, furniture, jasa bangun rumah, jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa renovasi rumah, jasa kontraktor rumah, konsultan rumah, konsultan desain, konsultan design, amanah, jujur, terpercaya, recommended, kontraktor berpengalaman, kontraktor recommended, kontraktor bagus, kontraktor on time, on time, kontraktor tepat waktu, tepat waktu, kontraktor pamulang, kontraktor jakarta, kontraktor, tangerang, kontraktor bekasi, kontraktor bogor, kontraktor, cibubur, kontraktor depok, beton, beton expose, bata, bata expose, void, foyer, bay window, skylight, teras, split level, minimalis, minimalis modern, tropis, tropis modern, eropa, eropa modern, eropa klasik, pelapis dinding, foyer, balkon, teras, beranda, rumah kokoh, jaring baja, dak beton, taman rumah, kamar mandi, kamar anak, beton ekspose, bata ekspose, kayu pelapis dinding, pengurugan, cahaya buatan, pencahayaan buatan, beranda rumah, teras, rumah ramah lingkungan, material rumah, alternatif material kayu, taman rumah minimalis, rumah jepang, rumah korea, meningkat rumah, plafon rumah, material fasad, pagar kayu, dinding kaca, pagar rumah, batu koral, rumah urban, atap rumah, void rumah, split level, balkon rumah, rumah tropis, material rumah, interior rumah minimalis, furnitur kayu, lantai kayu, lantai marmer, polikarbonat, polycarbonate, kamar, downlight, led, cat minyak, mandor

Tips Perawatan Rumah Kayu

Merawat rumah kayu perlu dilakukan dengan rutin. Rumah kayu kembali dilirik di dunia properti terkait bencana gempa yang beberapa waktu lalu terjadi di Indonesia. Meskipun tidak mengadopsi secara utuh konsep rumah kayu yang seringkali berbentuk rumah panggung, beberapa desain yang memadukan model rumah permanen dengan rumah kayu mulai banyak diminati. Kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam juga ikut mempengaruhi trend ini.

Penggunaan kayu dalam struktur rumah sangat banyak digunakan baik dalam struktur dinding, lantai, plafoon, rangka atap, kusen dan juga dipergunakan sebagai tiang dalam struktur rumah panggung. Ketika bangunan rumah kita  baru selesai dikerjakan  mungkin rumah kita akan kelihatan kokoh dan menarik, tapi oleh sifat kayu yang mudah berubah oleh pengaruh cuaca maupun mudah rusak oleh pengaruh serangan rayap, maka dalam kurun waktu beberapa yang lama tanpa kita sadari struktur rumah kita tersebut sudah rusak atau kekuatannya sudah tidak bagus lagi. Serangan terhadap kayu pada struktur rumah kita disamping  jenis kayunya juga dipengaruhi lingkungan dan iklim dimana rumah kita bangun.

Tips Perawatan Rumah Kayu

  • Rumah yang memiliki banyak elemen maupun furniture berbahan kayu sebaiknya dijadwal secara rutin untuk dicoating ulang, paling tidak tiap 6 bulan sekali. Terutama untuk elemen eksterior dari rumah yang langsung bersentuhan dengan efek cuaca. Angin, hujan dan sinar matahari merupakan musuh utama bagi elemen rumah dan furniture berbahan kayu.
  • Pilihlah coating yang sesuai dengan peruntukannya. Jika Anda memilih finishing dengan menggunakan politur untuk mempertahankan serat kayunya agar terlihat, maka pilihlah politur yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan Biocolours® Biopolyture™ yang terbukti kualitasnya dan juga ramah lingkungan. Produk ini sudah memenuhi standar US-EPA untuk kandungan VCO, dan EU-ECHA untuk uji non toksik.
  • Tambahkan atap tempiasan pada pintu dan jendela agar hujan dan sinar matahari tak mengenai secara langsung. Biasanya atap tempiasan lebarnya berkisar antara 60 cm hingga 120 cm. Namun Anda bisa menyesuaikan dengan desain pintu dan jendela serta desain rumah secara keseluruhan.
  • Kayu yang sering kena debu  setiap hari harus di bersihkan. Dapat dilakukan  dengan air pel kemudian langsung dikeringkan. Dalam hal ini mungkin tidak memerlukan biaya dan tenaga yang cukup besar. Anda mungkin bisa melakukan sendiri untuk mengepel lantai, melap dinding dan menyapu plafoon rumah anda yang terbuat dari kayu.
  •  Untuk bahan pengepelan lantai, dan dinding anda bisa menggunakan ramuan tradisional supaya kayu tetap awet dan bercahaya. Gunakan ramuan tradisional yang menggunakan air pelepah pohon pisang dan tembakau dan ada juga yang menggunakan air rendaman cengkeh. Dari pengalaman , cara ini menyebabkan kayu pada rumah tradisional  tetap tahan dan awet hingga beratus tahun.
  • Dalam kegiatan sehari hari harus diperhatikan  pemakaian dan penggunaan peralatan atau barang barang di dalam rumah, hindari gesekan langsung setiap permukaan kayu dengan barang barang tajam. Jika misalnya anda  akan memindahkan perabot besar misalnya kursi atau meja  jangan dilakukan dengan cara menggeser tetapi dipindahkan dengan cara mengangkat.
  • Rawatlah tanaman disekitar rumah anda, jangan biarkan dinding rumah anda tertutupi oleh pohon yang berada didekat rumah, jika diperlukan lakukan pemangkasan terhadap pohon tersebut supaya dinding dan ruangan dalam rumah mendapatkan sinar matahari sehingga kayu tidak lembab dan kayu tidak cepat berjamur.
  • Juga harus diperhatikan asap dari ruang masak jangan sering masuk ke ruangan yang terbuat dari bahan kayu, karena hal ini akan menyebabkan kayu akan cepat kusam.
  • Jika rumah anda menggunakan lantai kayu, jangan biarkan beban berat yang tidak terpakai terlalu lama di dalam rumah.

Untuk membantu konstruksi dan renovasi rumah impian anda, RIB Design siap memenuhi ekspektasi anda akan kualitas dan spesifikasi yang anda harapkan. Yuk bangun rumah dan renovasi bersama RIB Design, silahkan hubungi (Call/WA) 085711458285 / (Call/SMS) 081370727875 atau sampaikan keinginan anda disini. (https://www.ribdesignindonesia.com/2017/10/03/kiat-merawat-furnitur-kayu-di-musim-hujan/ )

Share This Article:

Be the first to comment “Cara Merawat Rumah Kayu Agar Tahan Lebih Lama”